Seminggu Asing Udah Borong Saham GOTO Rp 327 M, Pertanda Apa?

The Goto logo on a smartphone arranged in Jakarta, Indonesia, on Monday, Dec. 12, 2022. GoTo Group jumped Tuesday as investors focused on valuation after recent sharp declines and Indonesias bourse said its monitoring the stocks movements. Shares of the Indonesian tech startup have fallen more than 70 percent since it's listing in April. Photographer: Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images

Aliran dana asing tercatat kembali masuk ke saham emiten e-commerce dan ojek online PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), setidaknya dalam sepekan terakhir. Hal ini seiring dengan masuknya GOTO ke dalam indeks MSCI Global Standard.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), asing selalu melakukan pembelian bersih (net buy) di GOTO sejak 9 Mei lalu. Dalam sepekan, net buy asing di GOTO mencapai Rp 327,50 miliar di pasar reguler, sedangkan dalam sebulan sebesar Rp 190,27 miliar.

Padahal, misalnya, selama 3 bulan terakhir https://situs888gacor.com/ asing masih membukukan penjualan bersih (net sell) Rp 897,22 miliar di pasar reguler. Demikian pula secara year to date (YtD), net sell asing di GOTO masih sebesar Rp 580,75 miliar di pasar reguler.

Saham GOTO juga dalam tren menguat akhir-akhir ini. Dalam sebulan saham tersebut melonjak 21,21%.

Sebelumnya, Morgan Stanley Capital International (MSCI) merilis saham GOTO menjadi satu dari konstituennya pada 11 Mei 2023. Inklusi GOTO dalam indeks MSCI bisa menjadi katalis positif terhadap pergerakan harga sahamnya.

MSCI merupakan perusahaan penyedia indeks saham dan obligasi yang popular di dunia investasi. Indeks yang diluncurkan MSCI digunakan oleh para pengelola dana sebagai acuan (benchmark) untuk meracik produk investasi.

Secara periodik, MSCI juga melakukan review atas saham-saham apa yang layak dimasukkan menjadi konstituen dan dikeluarkan atau dikenal dengan rebalancing.

MSCI juga menyaring sejumlah saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar, free float saham, likuditas saham dalam periode tertentu, dan sejumlah kriteria lainnya.

Masuknya GOTO ke dalam indeks MSCI ini sudah sesuai dengan prediksi pasar sebelumnya, di mana prediksi ini membuat saham GOTO sempat melesat nyaris 5% pada perdagangan Rabu lalu.

Dengan bertengger dalam indeks MSCI, para pengelola dana atau fund manager akan melakukan rebalancing atas pengelolaan portofolio dengan memasukkan GOTO menjadi daftar saham yang dibeli.

Berdasarkan free float-nya, saham GOTO memang sudah cocok masuk ke dalam indeks tersebut, mengingat jumlahnya cukup besar yakni mencapai US$ 5,5 miliar. Sedangkan likuiditas GOTO juga dinilai memadai untuk masuk ke dalam indeks tersebut yakni mencapai Rp 469 miliar per hari.
Tak hanya itu, rasio nilai rata-rata perdagangan (ATVR) saham GOTO sudah sesuai dengan persyaratan likuiditas yang ditetapkan MSCI, sehingga saham tersebut berpeluang besar dimasukkan dalam daftar Mei tahun ini.

Dengan masuknya saham GOTO ke dalam indeks MSCI, maka potensi aliran dana investor asing masuk ke saham tersebut terbuka lebar ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*