Catat! Ini Tol yang Akan Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jor, Jakarta, Jumat, 23/12. Masyarakat sudah mulai berlibur hal ini terlihat dari meningkatnya angka mobilitas kendaraan dari Jakarta ke luar kota. Ratusan ribu kendaraan sudah meninggalkan Jakarta, terjadi peningkatan signifikan. (CNBC Indonesia/Muihammad Sabki)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bakal ada beberapa ruas tol yang beroperasi secara fungsional saat mudik Lebaran pada tahun ini. Ini dilakukan untuk mengurai kemacetan.

Pertama adalah ruas Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 yang akan dibuka pada 15 April 2023. Adapun tol tersebut sudah menembus dari Bandung ke Cirebon.

“Sudah tembus dari Bandung ke Cirebon mudah-mudahan sangat membantu tugas Korlantas untuk mengatur arus lalu lintas dari Jawa Barat ke Jawa Tengah,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR Senayan, Jakarta, dikutip Jumat (7/4/2023).

Kemudian berikutnya adalah Tol Pasuruan-Probolinggo sampai Interconnection (IC) Gending (dari Probolinggo Timur) sepanjang 8,6 km. Lalu ada juga Tol Solo-Yogyakarta-NYIA.

“Solo-Yogya Seksi 1 Kartasura-Klaten dari exit tol Trans Jawa menuju ke Sawit jadi menuju jalan nasional Yogyakarta-Solo walaupun cuma 6 km tetapi itu sudah melewati 5 traffic light sehingga sudah cukup membantu. Jadi dari Semarang, Surabaya menuju Yogyakarta tidak harus ke Kartasura tapi langsung ke jalan tol ini dari simpang Kartasura menuju Sawit,” tuturnya.

Tol lainnya adalah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dari Sadang-Kutanegara 28,7 km, Tol Cibitung-Cilincing seksi Tarumajaya-Cilincing 7,3 km, Tol Ciawi-Sukabumi seksi Cigombong-Cibadak 11,9 km. Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,5 km.

“Insya Allah bisa kita pakai secara fungsional,” ucapnya.

Bergeser ke Trans Sumatera, ada beberapa ruas tol yang siap beroperasi fungsional. Pertama adalah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi segmen Tebing Tinggi-Indrapura 28,5 km dan segmen Dolok Merawan-Sinaksak 15,6 km.

Ada Sigli-Banda Aceh seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Baitussalam 12,7 km. “Ini sudah jadi tetapi belum dioperasionalkan,” sebutnya.

Terakhir ada Binjai – Langsa seksi 2 Stabat – Tanjung Pura 7,2 km dan Sp Indralaya-Muara Enim Seksi Sp. Indralaya-Prabumulih (63,5 km).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*